Pages

Jumat, 07 Maret 2014

SENI 2 dan 3 DIMENSI

Dimensi Seni

        Karya seni rupa terbagi menjadi 2 jenis pilihan yaitu 2 dimensi dan 3 dimensi. Jenis seni ini dibedakan dari bentuknya. Terkadang peserta didik bingung untuk membedakan mana karya seni yang dikelompokkan 2 dimensi dan 3 dimensi. Untuk itu maka perlu dijabarkan arti dan perbedaannya.
a.    2 Dimensi
     Karya seni 2 dimensi adalah karya seni yang hanya dapat dilihat dari 2 sisi (depan dan belakang),biasanya tidak memiliki bentuk khusus bersifat datar tanpa ruang. Dalam pameran biasanya digantung di dinding.





 Display pemajangan karya 2 dimensi

b.    3 Dimensi
           Karya seni 3 dimensi adalah karya seni yang dapat dilihat dari berbagai sisi (depan,belakang, samping kiri dan kanan, atas dan bawah) memiliki bentuk yang beragam dengan adanya ruang dan volume pada karya tersebut. Dalam pameran harus memiliki ruang, karna dapat berdiri sendiri.

Display pemajangan karya 3 dimensi (Posisi ditengah atas meja)

       Dalam berkarya, perlu perencanaan desain serta konsep karya yang akan diciptakan. Baik dari segi bentuk, alat dan bahan, serta manfaat dari karya tersebut. Salah satunya jika ingin menciptakan karya dengan bentuk 2 dimensi maka bahan yang diperlukan biasanya alat tulis dan pewarna dan medianya bisa berupa kertas, kain, plastic dsb. Bila bentuk 3 dimensi bahan yang digunakan berbentuk padat karena akan memerlukan ruang untuk bentuk karya tersebut, medianya biasanya berupa tanah liat, semen, pasir, kayu, plastisin/lilin, fiberglass, dsb.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar